Cara mudah Menyajikan Kue kacang jadul (Diah Didi), Cocok untuk Segala Suasana!

Kue kacang jadul (Diah Didi). Kemaren beli jajan pasar di pasar kok gemes.nggak ada yang sejadul dulu.hihi. Entahlah.sekarang kok pada jual jajan pasar itu Jadi pengen buat Carabikang sendiri.aku tanya ke ibuku yang dari jaman kecil kalau ada hajatan bikin kue ini.walah.ibuku cuma kasih tip-tip aja. Aneka resep rumahan sehari hari, mudah & enak.

Kue kacang jadul (Diah Didi) Mengisi waktu selama tinggal di rumah emang paling enak dengan makan kue. Yuk coba buat Kue kacang jadul (Diah Didi) sendiri, dijamin pasti nagih. Daripada bingung, gimana sih cara membuat Kue kacang jadul (Diah Didi)? Yuk, langsung saja disimak bahan dan cara untuk membuatnya

Bahan-bahan Kue kacang jadul (Diah Didi):

  1. Diperlukan sekitar 400 gram terigu kunci biru / cakra.
  2. Siapkan kurang lebih 250 gram kacang tanah kupas yang sudah di sangrai (aku ga dikupas, hasil akhir kue agak coklat tapi enakkkkk).
  3. Siapkan 200 gram minyak goreng (klo aku ditambahin sedikit soalnya belum bisa dipulung).
  4. Diperlukan sekitar 150 gram gula halus (jika suka manis..boleh di tambah sesuai selera, diblender aja).
  5. Siapkan sekitar 1 sdt garam.
  6. Dibutuhkan 1/4 sendok teh vanili bubuk (ga pakai karena habis, ganti susu vanila 1 sdt).
  7. Siapkan kurang lebih 1 kuning telur dan 1 sdm mentega untuk polesan.

Cara membuat Kue kacang jadul (Diah Didi):

  1. Panaskan oven, klo aku pakai oven wajan hihi, tutup rapat, pakai api kecil..
  2. Sangrai kacang dan blender kering.
  3. Campur terigu, gula halus, vanili/susu vanila, kacang sangrai, garam, dan terakhir tambahkan minyak sedikit demi sedikit sampai adonan lembab dan bisa dipulung.
  4. Masukkan adonan ke kulkas. Tutup dengan plastik atau serbet bersih, kira2 1 jam agar adonan mudah dibentuk.
  5. Bentuk adonan, klo aku pakai tangan aja, bulatkan. Trus pipihkan.
  6. Olesi bagian atas kue dengan campuran kuning telor+mentega, kemudian taburi dengan apa kek terserah. Klo aku pakai flaxseed, karena wijennya gatau kemana.
  7. Terakhir taruh kue di atas loyang yg sudah dioles margarin, panggang di oven wajan lebih lama yah gaes. 45 menit. Hasil panggangan emang kurang eksotis tapi tetep enak garing dan lumerrrrrr di mulut.
  8. Alhamdulilah matanggg. Ini ada 2 versi. 1 pakai oven listrik tapi panas kurang merata. Jadi atasnya gosong dikit, 1 lagi pake oven wajan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana nyantai bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat Kue kacang jadul (Diah Didi) hari ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *